Rabu, 15 Mei 2019

PEMBERSIHAN DAN PEMELIHARAAN TEMPAT PENGOLAHAN MAKANAN


PEMBERSIHAN DAN PEMELIHARAAN
TEMPAT PENGOLAHAN MAKANAN

      Seluruh bangunan dan ruangan Tempat Pengolahan Makanan harus selalu terpelihara kebersihannya. Bila ada bagian yang rusak atau tidak berfungsi harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baik. Ruangan pengolahan makanan harus selalu bersih dan higieneis, oleh sebab itu harus ada upaya pembersihan ruangan secara teratur. Tujuan pembersihan ruangan dan bangunan adalah agar ruang kerja layak pakai, yaitu dalam arti bersih, estetis, dan higienis.

PRINSIP PEMBERSIHAN RUANGAN
    Prinsip pembersihan ruangan adalah sebagai berikut :
·        Tersedia sarana pembersih
·  Mengetahui jenis bahan lantai, dinding, plafon, ventilasi dan karakteristiknya
·        Menggunakan teknik dan prosedur yang benar sesuai dengan tujuannya
· Waktu dan frekuensi pencucian/pembersihan

SARANA PENCUCIAN / PEMBERSIHAN RUANGAN
           Sarana yang diperlukan adalah berupa peralatan, air, deterjen, desinfektan, dll. Peralatan kebersihan bisa manual dan memakai mesin. Pemakaian peralan dari mesin tentu lebih efektif daripada manual untuk bidang yang luas, akan tetapi akan sulit untuk bidang yang sempit.
            Contoh peralatan kebersihan meliputi:
·    Sapu, digunakan sebagai pembersih debu dan sampah yang agak kecil.
· Sikat, digunakan untuk membersihkan kotoran / noda yang sulit dibersihkan oleh sapu seperti kotoran pada celah atau kotoran yang lengket di lantai.
· Kain pel, digunakan untuk membersihkan sekaligus mengeringkan lantai dan permukaan lainnya.
· Kemoceng, digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada kaca, meja dan perabotan.
· Kain lap, digunakan untuk membersihkan barang-barang agar bersih dari kotoran debu.
·  Mesin penghisap debu (vavum cleaner), digunakan untuk membersihkan debu pada karpet maupun laintai biasa.
Bahan pencuci yang dibutuhkan pada dasarnya sama yaitu untuk melarutkan kotoran yang berupa sabun, deterjen dan zat pencuci lainnya. Sedangkan untuk membunuh mikroorganisme dan kuman penyakit dapat menggunakan  karbol, lysol, creolin, danlauran chlor aktif (kaporit).
Pencucian dengan air bisa dengan air dingin atau air panas sesuai dengan kebutuhan. Air panas sangat dibutuhkan untuk pencuci lantai atau tempat cuci yang macet karena pembekuan lemak sisa pencucian.

Teknik pencucian meliputi :
·        Brooming, menyapu untuk mengumpulkan sampah dari sisa-sisa makanan dan sampah kering yang berserakan di lantai
·        Scraping, mengerik kotoran yang menempel di lantai dan menyumbat saluran.
·        Swabing, menggosok lantai dengan kain basah untuk melarutkan kotoran yang melekat di lantai, dinding, dan meja. Untuk bahan-bahan yang mengandung lemak dan minyak dapat menggunakan air panas atau solvent.
·        Washing, menyabuni lantai dengan deterjen dan menggosoknya sampai berbusa.
·        Sanitazing, membunuh bakteri dan kuman yang berada di lantai dengan cara melarutkan bahan kimia desinfektan seperti karbol, lysol, creolin, dll.
Proses Pencucian / pembersihan lantai dan dinding dengan cara :
·        Perlakuan pembersihan dinding kedap air mendapat perlakuan yang sama seperti pembersihan lantai
·        Sapulah permukaan lantai dan kumpulkan bahan-bahan kotoran di tempat sampah yang tertutup
·        Bersihkan noda-noda yang melekat di lantai dan keriklah noda-noda tersebut sampai bersih, demikian pula lubang-lubang harus dikorek dan dibersihkan, sudut-sudut lantai harus dikerik dan juga sambungan nat keramik (jika memakai keramik)
·        Gunakan larutan yang telah mengandung deterjen untuk mencuci lantai dengan cara digosok sehingga berbuih atau menggunakan mesin penggosok berputar.
·        Lap dengan kain basah agar deterjennnya terbawa dan kotoran larut.
·        Lap dengan kain basah mengandung zat desinfektan
·        Lap dengan lap kering sehingga lantai menjadi bersih
Pembersihan Langit-langit/plafon :
·        Plafon/langit-langit adalah penutup atap agar ruangan terlindung dari pencemaran atap seperti debu, lawa-lawa (sarang laba-laba), dan kotoran lainnya
·        Langit-langit harus dibersihkan minimal 1x seminggu untuk membuang lawa-lawa dengan menggunakan sapu khusus
·        Dengan menggunakan mesin penyedot debu untuk membersihkan debu/kotoran
·        Kotoran/debu yang masih menempel dapat dilepaskan dengan semburan udara bertekanan
·        Sebelum langit-langit dibersihkan semua peralatan harus ditutup lebih dahulu
Pembersihan Ventilasi :
·        Peralatan ventilasi seperti lubang angin, jendela, kipas angin, AC dan perlengkapannya perlu dibersihkan secara teratur
·        Exhaust fan dan kipas angin, dibersihkan seminggu sekali dengan larutan pembersih dan dilap kering. Perhatikan saat pembersihan aliran listrik sudah dimatikan
·        Kawat kasa, dibersihkan dengan vacum cleaner semburan udara bertekanan dan lap basah atau dicuci, kawat kasa harus mudah dibongkar – pasang
·        AC, pembersihan AC dilakukan oleh ahli service AC


Pembersihan peralatan lainnya :
·        Tangga, pegangan pintu/jendela, pipa-pipa dicuci dengan kain atau air panas, deterjen/desinfektan kemudian dikeringkan. Pembersihan minimal 1x seminggu.
·        Semua permukaan atas meja, kursi beserta kaki-kakinya dicuci atau dilap dengan air panas, deterjen/desinfektan. Dibersihkan setiap selesai dipergunakan.
·        Mesin pengiris/pemotong/penggiling daging, bumbu, dan cabe. Pertama kali matikan aliran listriknya, bongkar dan pisahkan bagian-bagian yang tidak boleh kena  air panas (sudah diberi deterjen/desinfektan) kemudian tiriskan/keringkan. Pembersihan dilakukan setiap selesai dipergunakan.
·        Pembersihan piring, gelas, sendok, dan lain-lain dilakukan dengan dicuci dan disikat, dilap dengan kain basah yang diberi desinfektan
·        Lemari, laci, rak-rak dan tempat penyimpanan lainnya dibersihkan 1x seminggu. Pertama kali pindahkan isi lemari, laci/rak dicuci dan disikat dengan kain basah yang diberi deterjen/desinfektan, kemudian keringkan denngan kain kering
·        Pembersihan Trolli (kereta dorong) dan ban berjalan dibersihkan seminggu sekali dengan deterjen kemudian keringkan
·        Lemari pendingin/pembeku dibersihak 1x sebulan dan diusahakan pada kondisi makanan hampir habis. Pertama matikan aliran listrik, setelah bunga es mencair lalu bersihkan dengan kain yang diberi deterjen/desinfektan kemudian dikeringkan
·        Pintu penutup plastik (plastic curtain) dibersihkan setiap hari dengan kain yang telah diberi deterjen/desinfektan.
·        Tempat cuci tangan (wastafel) dan  tempat sabun cair dibersihkan setiap hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar